Keluhan Ac Tidak Dingin, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Keluhan Ac Tidak Dingin, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Keluhan Ac Tidak Dingin, Penyebab Dan Cara Mengatasinya | Artikel Ac Terlengkap -Kali ini kami akan membahas mengenai keluhan ac tidak dingin, penyebabnya kenapa dan bagaimana cara mengatasinya. Ac tidak dingin menjadi sebuah permasalahan yang sifatnya umum, banyak penyebab yang membuat ac tidak dingin seperti kotor dan kurangnya gas freon.

Penggunaan ac yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan ac tidak dingin, pastikan juga perawatan ac dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan ac. Dan berikut ini beberapa penyebab keluhan ac tidak dingin :

1. Kotor

Ac yang terlalu kotor akan membuatnya kurang dingin, ini disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancar karena banyaknya debu yang menempel. Debu bisa menghalangi hembusan angin yang dihasilkan oleh motor fan. Sebaiknya kamu melakukan perawatan ac minimal 3 bulan sekali.

Cara mengatasi : Cuci ac secara berkala dan lakukan pencucian filter ac minimal 2 minggu sekali

2. Gas freon berkurang

Kekurangan gas freon juga menyebabkan ac tidak dingin, tekanan ideal untuk ac 0,5 pk adalah 70 psi (satuan ukuran pada manipool). Selalu cek tekanan freon ac anda untuk memastikan bahwa tekanan gas freon tidak kurang.

Catatan : Jika gas freon berkurang secara signifikan itu menandakan adanya kebocoran pada instalasi

3. Kipas tidak berputar

Gejala ini dapat dilihat dari putaran kipas yang berhenti pada bagian indoor dan juga outdoor, kipas ini haruslah bekerja agar proses pendinginan maksimal. Sebagian ac akan memberikan sinyal dengan lampu yang berkedip atau unit otomatis mati jika kipas tidak berputar.

Cara mengatasinya : Ganti motor fan dengan yang baru jika terindikasi rusak atau putaran lemah

4. Kebocoran instalasi

Ini berhubungan dengan gas freon seperti poin nomer 2, kebocoran instalasi akan membuat tekanan freon berkurang atau bahkan habis sama sekali. Ciri paling jelas ketika instalasi bocor dan freon berkurang adalah terlihatnya bunga es pada pipa ac.

Cara mengatasinya : Cari titik kebocoran dan lakukan perbaikan, jangan lupa juga untuk mengisi kembali freon yang terbuang.

5. Kompresor mati

Kompresor merupakan jantung dari sistem pendinginan ac, mesin ini berkerja sebagai penghasil dingin melalui sistem kerja pendinginan. Jika mesin kompresor mati atau lemah, maka akan membuat ac tidak dingin.

Cara mengatasinya : Periksa dulu kapasitornya, kapasitor rusak juga dapat membuat kompresor tidak bekerja. Jika kompresor rusak atau mati maka ganti dengan yang baru.

Berikut tadi beberapa penyebab yang membuat ac tidak dingin, lakukanlah perawatan ac secara berkala agar ac rumah anda lebih awet, semoga artikel ini bermanfaat.

Comments