Cara Melepas Ac Sendiri Dengan Mudah

Cara Melepas Ac Sendiri Dengan Mudah

Artikel Ac Terlengkap | Cara Melepas Ac Sendiri Dengan Mudah - Bagi anda yang sedang berencana ingin melepas ac dirumah, mungkin ingin pindah rumah atau sekedar melepas ac karena sudah tidak digunakan lagi. Ada baiknya menyimak tulisan berikut ini mengenai cara melepas ac sendiri dengan mudah tanpa bantuan teknisi atau tukang ac.

Sebelum melepas ac sebaiknya anda menyiapkan beberapa perelengkapan berikut ini :

1. Obeng
2. Tang
3. 2 buah kunci inggris atau kunci pas
4. Tang potong
5. Kunci L (digunakan untuk menutup katup freon)
6. Isolasi listrik
7. Pahat atau obeng min panjang
8. Palu

Setidaknya hanya alat itu saja yang biasanya digunakan, dan berikut ini langkah demi langkah melepas ac sendiri.

1# Hidupkan Ac

Hidupkan ac, biarkan ac dalam posisi menyala. Ini diperlukan agar proses penguncian freon dapat dilakukan. Bagaimana jika posisi ac mati ? sudah pasti freon didalam ac tidak dapat di kunci karena proses penguncian memang diharuskan pada saat ac dalam keadaan hidup

2# Kunci katup outdoor unit

Peguncian dilakukan dengan cara membuka tutup katup dan masukan kunci L ke dalam katup ( ukuran kunci L disesuaikan ) Kunci katup pipa dorong terlebih dahulu ( pipa kecil).



Kunci katup pendrorong atau pipa ukuran kecil sampai mentok  kekiri arah jarum jam, putar dan kencangkan sampai tidak bisa diputar lagi. Setelah itu pindah ke posisi katup pipa hisap atau pipa besar. Putar kunci L ke kiri sampai tertutup (pastikan benar benar kencang)

Setelah katup besar tertutup lalu cepat matikan ac, proses penutupan katup pipa hisap sebaiknya perlahan saja, ini agar freon terhisap sempurna dan tidak meninggalkan sisa freon yang nantinya terbuang ketika kita membuka neuple pipa. Sampai dengan tahap ini penguncian freon berhasil.

3# Lepas neuple atau sambungan pipa menggunakan dua kunci inggris atau kunci pas



Setelah penguncian freon langkah selanjutnya adalah dengan melepas neuple sambungan pipa, caranya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melepas dengan menggunakan kunci inggris atau kunci pas. Buka bagian neuple outdoor terlebih dahulu untuk memudahkan.

Setelah bagian neuple outdoor terbuka maka beralih ke neuple sambungan pipa indoor. Buka dahulu isolasi pipa di sambungan neuple, pada posisi ini anda harus menggunakan dua buah kunci inggris atau kunci pas. Jangan lupa untuk melepas kabel, untuk kabel caranya bebas, namun untuk yang mudahnya adalah dengan memotong kabel menggunakan tang potong. Buka neuple indoor dengan posisi kunci inggris atau kunci pas secara berlawanan, tekan sampai neuple sambungan terlepas.

4# Turunkan unit Ac

Setelah neuple sambungan terlepas maka waktunya menurunkan unit ac, mulailah dari unit outdoor. Copot mur baut pada dudukan outdoor yang menempel pada breaket, setelah terlepas maka turunkan unit outdoor secara hati - hati. Setelah unit outdoor turun maka langkah selanjutnya adalah melepas breaket yang masih menempel di dinding, lepas dengan menggunakan kunci inggris atau kunci pas sesuai ukuran.

Outdorr sudah dilepas maka sekarang beralih ke proses penurunan indoor unit. Untuk melepas indoor anda hanya tinggal mengangkat dari dudukan breaket, tekan keatas sampai bagian bawah ac terlepas, turunkan indoor secara perlahan. Setelah indoor sudah turun lalu di lanjutkan dengan melepas breaket indoor yang masih terpasang, untuk membukanya gunakan pahat atau obeng min panjang untuk mencongkelnya, jangan lupa juga gunakan palu untuk memukul pahat atau obeng min. Lepas bagian bawah dahulu dengan melakukan pukulan ke pahat atau obeng, terus lakukan sampai breaket dapat di lepas. Langkah ini hanya untuk breaket yang pemasangannya menggunakan paku.

Setelah semua sudah dilepas maka tinggal merapihkan saja unit ac, jangan lupa untuk menutup pipa dan katup dengan isolasi, ini di perlukan agar tidak ada kotoran, debu atau air yang masuk. Lakukan packing serapih mungkin, jangan biarkan pipa ac yang sudah dilepas tadi tertekuk atau bengkok.

Demikian tadi cara melepas ac sendiri dengan mudah, semoga dapat bermanfaat.

Comments

  1. Terima lasih kak tutorialnya sangat membantu saya melepaskan AC sendiri dengan mudah. Perkenalkan saya Deni Oktariyanto 1622500081 kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment