Penyebab Ac Kurang Freon


Penyebab Ac Kurang Freon | Artikel Ac Terlengkap - Kurang dingin pada ac terkadang disebabkan oleh kurangnya tekanan freon, penyebab ini merupakan hal yang paling umum selain kotor. Ac dengan freon kurang sudah pasti akan membuat ac terasa kurang dingin, tindakan yang diperlukan adalah dengan melakukan penambahan freon.

Apa saja sih yang menjadi penyebab ac kurang freon ? apakah ini merupakan hal yang biasa terjadi atau mungkin karena disebabkan oleh beberapa hal. Dan berikut ini penyebab ac kurang freon yang biasa terjadi.

1. Bocor pada evaporator (indoor unit)

Bocor pada evaporator menjadi penyebab yang paling sering terjadi, biasanya disebabkan oleh evaporator yang sudah tidak layak seperti adanya karat. Jika evaporator bocor jika diraba akan tampak seperti ada minyak atau oli, langkah perbaikan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan pengelasan pada titik yang bocor.

2. Bocor pada kondensor pipa (outdoor unit)

Seperti pada evaporator, kebocoran pada kondensor pipa juga bisa menjadi penyebab ac kurang freon. Untuk ciri kebocoran dan langkah perbaikannya hampir sama persis dengan evaporator atau indoor unit.

3. Kebocoran pada pipa ac 

Kebocoran pada pipa ac biasanya disebabkan oleh kondisi pipa yang sudah tidak layak pakai, tanda yang dapat dilihat adalah pipa memiliki bercak hitam dan jika diraba seperti ada oli. Untuk penanganannya biasanya pipa yang bocor harus di ganti, hindarilah pengelasan pipa ac dan penyambungan. Pemasangan pipa yang utuh tanpa sambungan lebih disarankan.

4. Kebocoran pada neuple sambungan pipa

Kebocoran pada neuple biasanya di sebabkan oleh pemasangan yang tidak benar, pengembangan pipa yang pecah atau bahkan pecah pada neuple itu sendiri. Jika neuple pecah atau retak maka segera ganti dengan yang baru, namun jika kendur pada proses pemasangan, maka segera kencangkan.

Itu tadi beberapa penyebab ac kurang freon, semoga dapat bermanfaat.

Comments